Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Riza Rahmadi Minta Pemerintah Kabupaten Pertahankan Penyuluh Pertanian di Setiap Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Februari 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, Riza Rahmadi meminta agar pemerintah kabupaten mempertahankan keberadaan penyuluh pertanian di setiap desa, terutama desa dengan potensi pertanian besar.

"Saya mendorong kepada pemerintah kabupaten supaya satu desa satu penyuluh, khususnya yang desa-desa potensial jangan dikurangi, kalau bisa kita maksimalkan jumlahnya pada desa-desa potensial," ujarnya saat diwawancarai usai meninjau lumbung pangan di Desa Tangkum Kecamatan Raren Batuah, Selasa, 14 Februari 2023.

Dia menjelaskan, tenaga spesifik seperti penyuluh pertanian tidak bisa digantikan oleh sembarang orang seperti juga bidan atau tenaga medis yang memiliki keahlian tertentu.

"Mereka sudah kita latih dalam beberapa tahun, lalu dengan beberapa alasan tiba-tiba kita ganti, jangan seperti itu," ucapnya.

Riza juga menyampaikan bahwa Penyuluh Pertanian sangat dibutuhkan sebagai garda terdepan untuk melakukan pendampingan terhadap petani, maupun untuk mengomunikasikan program pemerintah.

"Saya mohon kepada pemerintah kabupaten supaya ini bisa menjadi pemikiran kita (mempertahankan keberadaan penyuluh pertanian). Khususnya pada desa-desa potensial yang lahan padinya luas, saya kira dua penyuluh pertanian tidak masalah," ungkapnya.

"Janganlah kita kurangi dengan alasan anggaran. Jangan kita berhitung untung-rugi, justru untuk pelayanan masyarakat kita harus memaksimalkan mereka (penyuluh pertanian," tuturnya. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru