Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantan Ketua PSSI: Pemilihan Ketua PSSI Katingan Harus Ikuti Mekanisme

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Februari 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Mantan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Katingan, Rakhmad Bahtiar menuturkan, pemilihan Ketua PSSI Katingan periode berikutnya menunggu surat resmi dari Asprov PSSI Kalimantan Tengah.

"Saya sampaikan kepada kawan-kawan, khususnya pemain sepak bola maupun tim sepak bola di Katingan, seperti kita ketahui untuk SK saya sebagai Ketua PSSI telah habis masa jabatan setahun lalu, dan saya sudah melaporkan hal tersebut kepada Asprov, dan pihaknya baru menyelenggarakan konggres biasa pemilihan ketua pssi yang baru tahun 2022," ujar Rakhmad Bahtiar.

Hingga saat ini, SK dari provinsi terkait SK kepengurusan yang baru belum ada.

Padahal untuk membentuk panitia konggres biasa di kabupaten itu dasarnya adalah setelah SK dari provinsi keluar dan dinyatakan sah.

"Sampai saat ini saya bersama Annas, selaku sekjen masih menunggu hal tersebut. Jadi kita mau membentuk panitia itu dasarnya apa dulu, kalau tidak ada dasarnya kami juga tidak berani, dan kalau nanti terbentuk kepengurusan sesuka hati kami, tapi ujung-ujungnya tidak disahkan," tegasnya. 

Pihaknya tetap terus berkoordinasi dengan pengurus provinsi. Pasalnya pengurus PSSI sebelumnya juga di sk-kan dari provinsi.

"Kalaupun dari provinsi sudah ada surat resmi untuk panitia, kami siap bekerja untuk penjaringan calon Ketua PSSI yang baru sesuai mekanisme dan statuta PSSI pusat maupun provinsi," katanya.

Menurut Rakhmad, mekanisme statuta di PSSI provinsi,  setiap calon ketua PSSI itu mendaftarkan diri melalui panitia yang dibentuk, setelah itu ada namanya tahapan proses untuk memilih ketua PSSI dan ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Panitia itu terdiri dari Exco maupun masyarakat biasa juga bisa. Tahapan selanjutnya adalah konggres biasa atau pemilihan ketua PSSI.

"Nantinya dari provinsi juga kita undang supaya taat aturan dan mekanisme, dan kalau ada yang minta rekom, mohon maaf, rekom bupati atau rekom dari ketua KONI itu sudah melanggar aturan, tetapi kalau meminta restu itu sah dan boleh saja,".

Rakhmad menegaskan pemilihan ketua PSSI Katingan mengikuti mekanisme yang ada sesuai statuta PSSI, karena di di PSSI juga ada aturan mekanisme.

Berita Terbaru