Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Pos Sampit Sosialisasikan Dampak Karhutla Bagi Satwa Liar

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 17 Februari 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit menyosialisasikan dampak buruk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bagi satwa liar.

"Kami menyosialisasikan terkait dampak Karhutla terhadap satwa liar," kata komandan BKSDA pos Sampit Muriansyah, Jumat, 17 Februari 2023.

Ini ia utarakan saat melakukan Patroli perairan bersama Manggala Agni Pos Sampit di sungai Sampit, anak sungai Mentaya, wilayah Perairan dusun rongkang, desa Natai baru, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kotawaringin Timur.

Muriansyah menjelaskan, satwa liar dapat lari ke sekitar ladang garapan masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan konflik dengan manusia. Ia mengedukasi warga tentang satwa liar dilindungi sesuai Undang-Undang, aturan terbaru di Pernen. No. 106 tentang jenis satwa liar yg dilindungi.

"Kita sosialisasikan kepada warga bahwa hewan ini dilindungi. Contohnya Buaya, ikan Pipih, kuksng, teringgiling dan lain sebagainya. Agar nantinya mereka tau dan tidak bertidak buruk terhadap satwa tersebut lari ke ladang," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait larangan menangkap ikan dengan cara meracun dan menyetrum. Sementara itu Manggala Agni Pos Sampit menyosialisasikan tentang Undang-Undang kebakaran hutan.

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara menemui warga yang tinggal di tepi sungai khususnya nelayan dan pencari kayu galam, untuk memberikan pengarahan secara langsung.

BKSDA dan Manggala Agni Pos Sampit memasang spanduk perihal UU tentang kebakaran lahan dan UU  tentang perikanan. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru