Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Bartim Dampingi Proses Sertifikasi Halal Produk UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Februari 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur melalui pendamping Proses Produk Halal (PPH) melakukan penginputan data para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum memiliki sertifikat produk halal.

Penginputan data dilakukan dengan mendatangi tempat pelaku usaha, seperti yang dilakukan di Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Selasa, 21 Februari 2023.

“Tugas kami dalam proses sertifikasi halal adalah mendampingi pelaku usaha mikro dan kecil dalam memenuhi persyaratan pernyataan kehalalan produk,” ujar Pendamping PPH Kantor Kemenag Barito Timur bernama Galuh Bulkis, saat melakukan pendataan.

Sebelumnya, sebanyak 12 Pendamping PPH dinyatakan lulus seleksi dan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama dari tanggal 9-11 Februari 2023.

Kepala Kantor Kemenag Barito Timur H Ahmadi menjelaskan, kegiatan penginputan data pelaku UMKM itu selaras dengan upaya pemerintah untuk melakukan akselerasi sertifikat halal bagi UMKM.

Ia berharap, pendamping PPH melakukan edukasi, mendorong serta membantu para pelaku usaha  untuk melakukan sertifikasi produk yang dihasilkan usahanya.

“Diharapkan pendamping PPH menggalakkan kegiatan untuk menyukseskan program implementasi sertifikasi halal produk. Jika dibutuhkan turut membantu pelaku usaha melengkapi persyaratan,” ujarnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru