Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Tamiang Layang Klarifikasi Berita Pembunuhan yang Viral di Medsos

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Februari 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur menyampaikan klarifikasi terkait berita viral dengan judul "BARITO TIMUR, KABUR USAI MEMBUNUH PELAKU DISERAHKAN KELUARGANYA KE POLISI," yang di unggah pada tanggal 21 Februari 2023 di channel YouTube salah satu media televisi di Palangka Raya.

Dalam berita tersebut disebutkan bahwa pelaku merupakan salah satu narapidana residivis yang sudah bebas dari Lapas Barito Timur.

Berdasarkan fakta di lapangan bahwa yang bersangkutan bukan merupakan narapidana residivis pada Lapas Barito Timur (Rutan Kelas IIB Tamiang Layang).

Kepala Rutan Tamiang Layang Surya Dharma memberikan klarifikasi melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Ade Irawan dan memastikan yang bersangkutan bukan merupakan narapidana residivis yang bebas dari Rutan Kelas IIB Tamiang Layang atau dalam berita dimaksud disebut Lapas Barito Timur.

"Mengkonfirmasi dari berita viral tersebut bahwa napi (narapidana) yang bersangkutan dengan inisial SAH bukanlah merupakan napi yang bebas dari Rutan Tamiang Layang sehingga pernyataan yang ada pada berita tersebut yang menyatakan bahwa pelaku merupakan napi residivis yang bebas dari Lapas Barito Timur sepenuhnya adalah tidak benar," ucap Ade saat dikonfirmasi Borneonews, Rabu, 22 Februari 2023.

Ia melanjutkan, Rutan Tamiang Layang juga telah melakukan penelusuran lebih lanjut melalui Sistem Database Pemasyarakatan dan menemukan data bahwa SAH tidak pernah ditahan di Rutan Tamiang Layang.

"Sehingga apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolsek pada berita tersebut yang menyatakan bahwa pelaku adalah Napi Residivis dari Lapas Barito Timur (Rutan Kelas IIB Tamiang Layang) adalah suatu kekhilafan. Begitu kiranya konfirmasi dan klarifikasi kami terkait berita viral tersebut," tandas Ade. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru