Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Kerja Sama dengan BKSDA Jaga Pelestarian Lingkungan

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 22 Februari 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Upaya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dalam menjaga kelestarian lingkungan alam serta perlindungan habitat satwa di Bumi Handep Hapakat terus dilakukan, salah satunya dengan bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pulpis Hendri Arroyo mengatakan bahwa kini pihaknya telah melakukan upaya dengan bekerja sama dengan BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah melalui program ramah satwa.

“Beberapa waktu lalu kita menerima kunjungan kepala BKSDA Kalteng untuk menjalin kerja sama melalui program ramah satwa, dengan mengintegrasikan alam sebagai pemantik perlindungan yang dijaga,” katanya.

Ia menuturkan perlindungan satwa di Indonesia sendiri telah diatur berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi sumber daya hayati dan ekosistem. Dimana dengan adanya kerja sama ini dinilai merupakan langkah stategis.

“Melalui program ini kita berharap berbagai aspek pelestarian alam dapat terjaga dan pergerakan ekonomi melalui pemajuan pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau dapat diselaraskan yang berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Meski demikian, di Kabupaten Pulpis sendiri diakui Hendri bahwa wilayah yang bisa dijadikan wahana wisata dengan rencana fokus bersama dengan BKSDA ini hanya di Desa Tahawa, Kecamatan Kahayan Tengah.

“Tentunya dengan dengan adanya kerja sama ini kita yakin bisa menjadi langkah strategis dalam menjaga kelestarian alam khususnya di Kabupaten Pulpis,” tandasnya. (ahm)

Berita Terbaru