Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemda Tingkatkan Keterampilan SDM Penunjang Sektor Pariwisata

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Februari 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh mendorong pemda untuk dapat meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) penunjang sektor pariwisata di provinsi ini.

Farida mengatakan, peningkatan keterampilan itu bisa dilakukan dengan memberikan berbagai pelatihan, sehingga masyarakat dapat juga turut menunjang kemajuan sektor pariwisata di Bumi Tambun Bungai.

"Melalui pelatihan pastinya akan dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan juga daerah karena kemampuan masyarakat akan meningkat," ucapnya, Selasa, 28 Februari 2023.

Farida mencontohkan, seperti pelatihan membuat souvenir perlu diberikan agar setiap wisata memiliki atau menyediakan cendera mata, sebab pastinya wisatawan yang berkunjung akan mencari souvenir untuk kenang-kenangan.

"Misalnya kita saja ketika berkunjung ke objek wisata akan mencari souvenir atau cendera mata, demikian juga dengan wisatawan lain akan mencari itu ketika berkunjung ke sebuah objek wisata," ujarnya.

Farida menjelaskan, adanya kerajinan souvenir atau cendera mata secara tidak langsung para pengrajin telah turut serta mempromosikan objek wisata yang ada untuk menarik wisatawan berkunjung.

Dari situlah nantinya akan terjadi perputaran ekonomi disekitaran objek wisata, sehingga dampaknya yakni kesejahteraan masyarakat khususnya yang memiliki usaha souvenir tersebut seiring waktu meningkat.

"Untuk itu perlu adanya dukungan dari pemeda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait, agar masyarakat diberikan pelatihan-pelatihan yang berefek domino pada pengembangan kepariwisataan," tuturnya.

Dirinya berharap, hal itu dapat menjadi acuan pemda dalam rangka untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kalteng ini. Sebab, hingga saat ini masih sedikit objek wisata yang menjual souvenir atau cendera mata untuk pengunjung.

"Sektor pariwisata kita di Kalteng ini harus bisa maju dan berkembang, setiap objek wisata harus ada menjual souvenir untuk pengunjung. Ini harus diperhatikan, agar obejk wisata kita bisa dikenal dan dikenang," imbuhnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru