Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apkasindo: Larangan Eksportir Indonesia Menyangkut Martabat Bangsa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Februari 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia atau Apkasindo Gulat Manurung mengatakan, Indonesia selama ini adalah eksportir terbesar produk sawit. Dengan demikian, larangan ekspor sawit bagi Tanah Air akan sangat menekan pendapatan petani, terlebih martabat bangsa.

"Ini masalah pendapatan negara. Jangan sampai harkat martabat bangsa kita yang diatur-atur oleh Uni Eropa. Faktanya mereka butuh kok karena kita eksportir terbesar," kata Gulat tegas dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS kepada Borneonews pada Selasa, 28 Februari 2023.

Hal ini juga disampaikan Gulat dalam momen kegiatan rapat koordinasi sawit nasional dengan bertajuk Menjaga Resiliensi Perkebunan Indonesia 2023 dan Akselerasi Peremajaan Sawit Rakyat, Senin kemarin.

"Petani sawit sendiri optimis Indonesia akan memenangkan gugatan di World Trade Organization atau WTO," tegasnya.

Agar Indonesia bisa memenangkan gugatan tersebut, lanjut Gulat, pemerintah harus bisa menunjukkan kondisi di lapangan.

"Khususnya soal dampak industri sawit terhadap masyarakat di Indonesia, perlu untuk mengundang 27 duta besar Uni Eropa untuk bertemu dan mendiskusikan lebih lanjut soal larangan itu," pintanya.

Negara-negara ini menurutnya tentu melindungi produksi minyak nabati negaranya masing-masing.

"Ini politik dagang. Kami tidak bisa diam saja, jadi petani sawit akan menggugat kalau pemerintah tidak bergerak untuk gugat mereka," ucap Gulat lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru