Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Barito Tuhup Raya Sosialisasi Pilkades untuk 8 Desa

  • Oleh Trisno
  • 02 Maret 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kecamatan Barito Tuhup Raya (Batura) menggelar kegiatan sosialisasi tata cara pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun 2023, yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Barito Tuhup Raya.

Adapun Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 mendatang yang diikuti 35 desa se Kabupaten Murung Raya, 8 desa di antaranya di Kecamatan Barito Tuhup Raya.

Hadir sebagai narasumber dari Kabupaten yakni dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Inspektorat.

Sementara itu, Camat Batura Gunawan menyebutkan, untuk Kecamatan Batura ada 8 desa yag akan melaksanakan Pilkades.

“Untuk Das Barito desa Cinta Budiman dan Bumban Tuhup, sedangkan untuk di Das Tuhup yakni Desa Dirung Sararung, Kohong, Hingan Tokung, Masalo, Tumbang Bauh dan Batu Tojah,” kata Gunawan.

Oleh karenanya Gunawan berharap, untuk tahapan Pilkades nanti bisa sukses sesuai dengan apa yang harapkan.

Semua calon kades harus tertib Administrasi saat mendaftar agar pasca pemilihan tidak ada protes maupun gugatan.

“Untuk itu,kami berharap nantinya Kades yang terpilih benar-benar yang terbaik yang ada di desa, sehingga bisa membuat Desa dengan lebih maju lagi serta memanfaatkan potensi apa yang ada di desa,”ujar Camat.

Sebelumnya, Wabup Mura Rejikinoor dalam Rakor Pilkades sebelumnya meminta kepada pihak yang menangani Pilkades agar memastikan bahwa Desa yang melakukan pemilihan kepala Desa itu memang betul-betul berakhir telah masa jabatannya sebagai Kades.

Dalam kontek ini, Wabup Rejikinoor berharap, Pilkades ini dapat menghasilkan kepala desa yang betul-betul berkualitas demi untuk melanjutkan program pembangunan kedepannya.

“Harapan kami Pilkades ini kan sudah berulang kali setiap 6 tahun, jadi kita harus persiapkan sematang mungkin baik secara sisi pelaksanaan maupun dari sisi keamanan, agar semua berjalan lancar sesuai harapan,” pinta Wabup Rejikinoor. (Trs)

Berita Terbaru