Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Potensi Desa Natai Baru yang Bisa Jadi Objek Edukasi Pariwisata Kobar

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 02 Maret 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Natai Baru terletak di wilayah Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. 

Desa Natai Baru memiliki banyak potensi alam yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan ataupun pengunjung dari luar kota, sehingga bisa meningkatkan perekonomian bagi warga lokal setempat. 

Salah satu potensi dari Desa Natai Baru ialah Kerajinan Purun. Warga sekitar sekarang sudah mempunyai kelompok pengrajin Karya Bakti, terdiri dari ibu rumah tangga yang memanfaatkan purun tersebut untuk dijadikan UMKM mereka. 

"Ada tikar, besek (tempat makan), sedotan, dan tas. Tergantung apa yang di pesan pembeli," kata Saina, Ketua Kelompok Karya Bakti pada Rabu, 1 Maret 2023.

Kepala Desa (Kades) Natai Baru Asmiarti mengatakan, sebelumnya pemerintah desa bekerjasama dengan pihak CSR PT Kalimantan Sawit Abadi (KSA) dalam memberikan pemberdayaan masyarakat melalui program bantuan kepada kelompok pengrajin purun.

Program bantuan tersebut berupa alat bantu serta memasarkan hasil pengrajin purun yaitu sedotan kepada masyarakat Kobar bahkan sampai mengirimkan sample ke negara Singapore.

Namun, Kades Desa Natai Baru menyampaikan harapannya kepada pihak CSR PT. KSA untuk melanjutkan program bantuan pemberdayaan masyarakat untuk menunjang keahlian pengrajin purun sendiri dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

"Jadi karena ini awalnya program CSR PT. KSA ya, ini artinya kan masih separo-separo, belum selesai gitu. Saya masih berharap karena mereka sudah janji mau datangkan pelatih Palangka, saya masih menunggu" harapnya.

Ia yakin pengrajin jika mendapatkan pelatihan mengolah purun dan lainnya maka kelompok pengrajin tersebut menghasilkan berbagai jenis kombinasi purun bersama bahan lainnya ataupun dapat mengembangkan lebih banyak barang berbahan purun. 

Selain itu, KHP Kobar juga telah membantu Kades dan warga Desa Natai Baru untuk mendapatkan izin secara legal penggunaan alam di wilayah tersebut sehingga lebih nyaman bagi warga untuk dapat menghasilkan potensi usaha mereka.(NURITA/H)

Berita Terbaru