Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank-Bank Sentral Utama Kembali Perang Lawan Inflasi Februari

  • Oleh ANTARA
  • 03 Maret 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, London - Bank-bank sentral utama melanjutkan upaya mereka untuk menaikkan suku bunga pada Februari 2023 setelah awal tahun yang lesu, karena tekanan harga-harga terbukti lebih kuat daripada yang diperkirakan banyak pembuat kebijakan.

Februari melihat enam kenaikan suku bunga di enam pertemuan oleh bank-bank sentral yang mengawasi 10 mata uang yang paling banyak diperdagangkan.

Pembuat kebijakan di Australia, Swedia, Selandia Baru, dan Inggris bergabung dengan Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa (ECB) dalam menaikkan suku bunga pinjaman utama dengan total 250 basis poin. Semua bank memperkirakan lebih banyak kenaikan ke depan.

Januari hanya melihat satu kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin oleh Kanada dalam tiga pertemuan oleh bank sentral G10.

"Kombinasi pertumbuhan yang lebih kuat dari ekspektasi dan indikator inflasi yang lebih persisten dari ekspektasi telah mendorong perubahan mendadak dalam narasi pasar selama sebulan terakhir dari 'soft landing' dan menuju 'siklus pengetatan yang lebih panjang' oleh bank-bank sentral utama," kata Nikolaos Panigirtzoglou di JPMorgan.

Data inflasi dan tenaga kerja baru-baru ini dari beberapa ekonomi top dunia telah mengejutkan pasar dan mendorong para analis untuk mengangkat ekspektasi di mana suku bunga Fed dan ECB akan mencapai puncaknya. Pasar sekarang menilai suku bunga ECB memuncak tepat di atas 4,0 persen pada pergantian tahun, sementara suku bunga Fed diperkirakan setinggi 5,5-5,75 persen.

Di pasar negara berkembang, dorongan kenaikan suku bunga menunjukkan beberapa bukti perlambatan. Tiga belas dari 18 bank sentral dalam sampel Reuters dari ekonomi berkembang bertemu untuk memutuskan pergerakan suku bunga, tetapi hanya empat yang dinaikkan dengan total 175 basis poin -- Meksiko, Israel, Filipina, dan India. Turki mengirimkan pemotongan 50 basis poin setelah gempa mematikan.

Langkah Februari mengikuti Januari yang melihat enam dari 18 bank sentral memberikan total kenaikan 225 basis poin pada Januari, sementara enam bank sentral lainnya bertemu tetapi memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah.

"Kejutan (inflasi) ini datang untuk semua orang secara bersamaan, tetapi mungkin menghilang pada tingkat yang berbeda," kata Gabriel Sterne dari Oxford Economics.

"Tren disinflasi secara mengejutkan terlihat baik di Asia sekarang, misalnya di mana inflasi jasa-jasa telah berubah arah," katanya pula.

ANTARA

Berita Terbaru