Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Miliki Apoteker Terbanyak ke-2 di Kalteng, Tapi Belum Merata

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Maret 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki jumlah apoteker terbanyak ke-2 di Provinsi Kalimantan Tengah. Namun, sebaran apoteker di wilayah ini belum merata.

"Apoteker cukup banyak dan jumlah apotek cukup banyak, cuman pemerataan yang kurang. Karena kita tahu medan di Kotim jaraknya cukup jauh," kata Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kotim periode 2014-2022, Ahyat Kusnandar, Minggu, 5 Maret 2023.

Menurut paparan data Cabang IAI Kotim, jumlah apoteker di wilayah ini mencapai 111 orang. Dari 21 puskesmas terdapat 15 puskesmas yang telah memiliki apoteker. Sedangkan sebaran apoteker di Rumah Sakit dr Murjani 15 orang, Rumah Sakit Parenggean 2 orang dan Rumah Sakit Samuda 1 orang. 

"Masih ada 6 puskesmas yang belum memiliki apoteker yakni Tumbang Kalang, Tualan Hulu, Tumbang Sangai, Tumbang Penyahuan, Ujung Pandaran dan Bapinang," ujarnya. 

Sementara jumlah apotek di Kotim yakni 54 apotik dengan sebaran 41 apotek di Sampit, 2 apotek di Samuda, 4 apotek di Sebabi dan 5 apotek di Parenggean.

Dari paparan tersebut, Ketua IAI Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Satrio Pratomo mendesak pemerintah Kabupaten Kotim untuk segera memeratakan sebaran apoteker terutama di puskesmas. Mengingat keberadaannya sangat penting dalam mengawal perkembangan kefarmasian. 

Bupati Kotim Halikinnor merespon baik permasalahan tersebut. "Kotim memiliki apoteker nomor 2 terbanyak di Kalteng. Keberadaannya sangat penting karena dia yang mengetahui obat. Untuk itu siapapun apoteker yang bersedia di tempatkan di wilayah itu saya akan langsung mengangkat sebagai tenaga kontrak dan kita akan siapkan fasilitasnya," demikian Halikin. (DEWI PATMALASARI/Y) 


TAGS:

Berita Terbaru