Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Pelayaran Lingga Marintama Motivasi Siswa SMKN 3 Kumai soal Potensi Kemaritiman Indonesia

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Maret 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai gambaran mengenai potensi dan keunggulan dalam dunia pelayaran dunia dan bagaimana memanfaatkan peluang tersebut untuk kemajuan negara Indonesia, dipaparkan oleh Direktur PT. Pelayaran Lingga Marintama, Erry Akbar Panggabean pada siswa kelas 11 SMK Negeri 3 Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa, 7 Maret 2023.

Pemaparan Erry Akbar Panggabean tersebut merupakan bagian dari kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Industri (prakerin) angkatan IV , Nautika Kapal Niaga (NKN) dan Tata Busana (TB) Tahun Pelajaran 2022/2023 sebelum siswa tersebut mengikuti prakerin diberbagai perusahaan perkapalan selama 3 bulan.

"Ini merupakan bentuk kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Karena dunia kerja adalah link and match yang hal ini sudah terjadi. Kami menerima para siswa untuk magang praktik kerja sesuai industrinya," jelas Erry Akbar Panggabean.

Nantinya, menurut Erry Akbar Panggabean, setelah pelaksanaan magang tersebut, bila pihaknya melihat potensi bagus dari para siswa, maka kami juga mengajak mereka untuk bergabung kerja di perusahaan pelayaran yang tergabung dalam Citra Borneo Indah (CBI) Group milik Pengusaha Nasional Asal Kabupaten Kobar H. Abdul Rasyid AS.

" Selain di perusahaan kami, kemungkinan untuk bekerja di perusahaan pelayaran lain juga terbuka bagi siswa. Karena kami juga bisa merekomendasikan para siswa yang dianggap layak tersebut, lantaran saat ini berbagai perusahaan pelayaran banyak membutuhkan tenaga kerja. Artinya ada dampak positif bagi para siswa," jelas Erey Akbar Panggabean.

Sehingga, menurut Erry Akbar Panggabean, masyarakat khususnya para siswa bisa merasakan manfaat secara langsung dari keberadaan SMK ini.

"Karena bila secara individu dianggap layak sesuai skil masing-masing, para siswa bisa bekerja pada industri sebenarnya yaitu di perusahaan maritim, baik skala lokal, nasional maupun internasional," jelas Erry Akbar Panggabean.

Erry Akbar Panggabean, berharap dengan berbagai hal yang disampaikan pada para siswa dalam pembekalan ini, bisa membuka wawasan para siswa untuk melihat dan bagaimana meraih cita-cita untuk masa depan yang cerah.

"Selain itu dengan adanya kolaborasi antara dunia pendidikan dan kerja ini bisa membantu berbagai program pemerintah dalam bidang maritim. Karena pemerintah sekarang lagi gencar-gencarnya menguatkan sektor kemaritiman," jelas Erry Akbar Panggabean.

Erry Akbar Panggabean menjelaskan, setelah beberapa kali menerima magang siswa SMK Negeri 3 Kumai sejak beberapa waktu lalu, ia menilai secara output peserta magang sudah bisa mengikuti pola kerja dasar di perusahaan pelayaran.

Berita Terbaru