Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Palangka Raya Lakukan Pendekatan Strategis Terintegrasi Tangani Sampah

  • Oleh Hendri
  • 08 Maret 2023 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, upaya untuk mempertahankan penghargaan Adipura dan penanganan sampah dilakukan dengan cara pendekatan strategis terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Pendekatan strategis terintegrasi dalam pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya ini  dari hulu ke hilir karena kita memiliki regulasi yang sangat lengkap dalam pengelolaan sampah. Terutama melalui kebijakan Perda Nomor 1 Tahun 2017," katanya, Rabu, 8 Maret 2023.

Berikutnya Perda Kota Palangka Raya Nomor 3 Tahun 2022 tentang pengurangan kantong plastik. Lalu Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 43 Tahun 2017 tentang peraturan pelaksanaan Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang pengelolaan persampahan dan kebersihan lingkungan.

Terakhir ada Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 20 Tahun 2019 tentang JAKSTRADA pengelolaan sampah RT dan sejenis RT. Semua regulasi itu terus diterapkan dan menjadi acuan dalam pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya.

Adapun terkait dengan pendekatan dan strategi pengelolaan sampah harus terintegrasi dari hulu ke hilir, dimulai dari hulu, maka setiap rumah tangga harus mengurangi dan memilah sampah harian.

“Industri juga demikian. Kalau bisa memilah dan mengurangi sampahnya, maka angkutan akan lebih ringan. Terlebih pengangkutan sampah ke tempat akhir selama ini memakan biaya yang paling besar,” ungkapnya.

Berikutnya dari hilir, maka perlu lebih banyak terobosan untuk mendaur ulang sampah, mengingat masalah yang ada di hilir ini kompleks, masyarakat banyak buang sampah tidak pada tempatnya dan tidak tepat waktu.

“Ini dikarenakan ada pola berpikir, ‘nanti ada yang beresin’. Harusnya tidak bisa begitu. Karena itu, perlu upaya mendorong perubahan perilaku masyarakat agar menerapkan gaya hidup minim sampah,” pungkasnya. (HENDRI/J)

Berita Terbaru