Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Komitmen Pemkab Barito Selatan Untuk Turunkan Stunting

  • Oleh Uriutu
  • 09 Maret 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan berkomitmen menurunkan angka stunting. Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Lisda Arriyana saat membuka rakerda. Kamis, 9 Maret 2023.

“Kita berkomitmen bersama menurunkan angka stunting dengan memanfaatkan olahan makanan lokal, pemeriksaan ibu hamil, gerakan keposyanduan dan mencegah pernikahan dini,” kata Lisda Arriyana.

Ia mengatakan penurunan angka stunting merupakan atensi bersama serta prioritas nasional. Sebab angka stunting di Barsel tergolong tinggi.

Hal ini disebabkan beberapa hal yakni rendahnya kunjungan ibu hamil untuk memeriksakan kesehatannya, rendahnya tingkat kunjungan balita ke posyandu dan pernikahan dini.

“Saya telah menerbitkan SK Bupati Barsel mewajibkan setiap perangkat daerah menjadi pembina satu posyandu, khusus yang berada di 3 Kelurahan di Kecamatan Dusun Selatan,” ucap dia.

Sementara bagi kelurahan dan desa lainnya, langsung berada di bawah binaan lurah/kepala desa, dengan pengawasan langsung dari camat sebagai kepala wilayah.

Menurutnya meski telah ada SK Bupati Barsel, hal ini tidak akan bisa terwujud, jika tidak didukung oleh semua pegawai dan aparatur.

“Saya mengharapkan sekaligus memerintahkan seluruh PNS/tenaga kontrak, agar mendukung kepala perangkat daerahnya, untuk melakukan pembinaan terhadap Posyandu yang telah ditentukan,” tandas dia.

Termasuk memberdayakan dharma wanita masing-masing perangkat daerah. Serta juga melalui TP-PKK Desa / Kelurahan se-Kabupaten Barito Selatan.

Ia menyadari bahwa hal ini bukan perkara mudah. Namun, harus diawali dan diimplementasikan.

Berita Terbaru