Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sriwanti: Ajak Masyarakat Lestarikan Musik Daerah

  • Oleh Pathur Rahman
  • 09 Maret 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari Musik Nasional jatuh pada setiap tanggal 9 Maret, disamakan dengan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman. Peringatan ini, kali pertama dilakukan pada 9 Maret 2013 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional.

Terkait hari musik nasional, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Palangka Raya Sriwanti mengungkapkan, peringatan hari musik nasional ini adalah momentum yang tepat untuk melestarikan musik asli Provinsi Kalimantan Tengah.

"Seperti musik karungut, musik japen, sangiang dan musik lainnya asli Kalimantan Tengah tentunya perlu dilestarikan, dengan cara mengenalkan musik tersebut kepada generasi milenial," ungkapnya, Kamis, 9 Maret 2023.

Lebih lanjut, wanita yang juga menjabat sebagai Lurah Langkai ini mengatakan, pertunjukan - pertunjukan seni budaya dan seni musik lokal seharusnya rutin di laksanakan di Kota Palangka Raya.

Agar generasi milenial di Kota Palangka Raya, bisa mengenali dan menyukai musik daerah, dengan menyukai musik daerah maka besar harapannya, para kaum milenial bisa mencintai musik daerah.

"Langkah awal tentunya kenalkan generasi milenial pada alat musik daerah, kemudian adakan pertunjukan musik daerah, ketiga berikan pemahaman kepada generasi milenial dan tanamkan rasa bangga terhadap musik daerah," Pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru