Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lisda Arriyana : Kas Titipan BI Memberikan Kontribusi Penting Terhadap Perekonomian

  • Oleh Uriutu
  • 10 Maret 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana menyebutkan bahwa Kas Titipan oleh Bank Indonesia atau BI memberikan kontribusi penting terhadap perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati pada acara perjanjian kerja sama kas titipan dan sosialisasi Kebanksentralan, CBP rupiah, Qris dan perlindungan konsumen pada PT Bank Kalteng, di aula Bappeda, Jumat, 10 Maret 2023.

“Penyelenggaraan kas titipan oleh BI memberikan kontribusi penting terhadap perekonomian di Indonesia khususnya di Kalteng bahkan di Barito Selatan,” kata Lisda Arriyana.

Ia mengatakan salah satunya untuk memenuhi ketersediaan uang layak edar atau ULE. Sebab perbankan memiliki akses lebih cepat untuk mendapatkan ULE dan uang cetakan sempurna.

Kemudian, sambung dia, kebutuhan masyarakat uang layak edar dengan pecahan yang sesuai dan tepat waktu terpenuhi dengan adanya penyediaan kas titipan tersebut.

“Artinya kas titipan bisa mengakomodir uang layak edar dengan tepat waktu. Sehingga cash flow tetap terjaga dan sehat di setiap daerah,” jelas dia.

Ia menyampaikan penyediaan kas titipan juga dapat memberikan pengelolaan kas yang efisien, aman dan optimal terutama dalam hal penyetoran, penarikan dan penukaran.

Tujuannya, lanjut dia, untuk memenuhi uang rupiah dalam kondisi layak edar ke masyarakat.

Ia membeberkan di Barsel semua Bank telah menjadi peserta kas titipan salah satunya PT BPD Kalteng Cabang Buntok sebagai pengelola kas titipan serta bank lainnya.

“BI telah bekerjasama dengan PT BPD Kalteng cabang Buntok dalam memberikan layanan pengelolaan kas titipan sejak tahun 2017 lalu,” beber dia.

Berita Terbaru