Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 11 Maret 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Musim hujan membuat lingkungan menjadi lembap sehingga memudahkan virus dan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu,masyarakat perlu menjaga kesehatan di musim hujan berikut perlu diterapkan guna mencegah tubuh terserang penyakit.

Kepala Bidang IGD dan Humas RSUD Kota Palangka Raya dr Hendra Panguntaun membagikan tujuh tips menjaga kesehatan selama musim hujan, adapun tujuh tips tersebut diantaranya sebagai berikut.

Pertama, mengonsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang, Tips menjaga kesehatan di musim hujan yang pertama yaitu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang agar kebutuhan makro dan mikro nutrien tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh diketahui dapat membantu sistem imun bekerja secara optimal, sehingga menurunkan risiko tubuh terserang penyakit.

Kedua, Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir, Kuman penyebab penyakit sering kali ditularkan melalui tangan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya setiap sebelum memasak, sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet.

Ketiga, Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh, Memenuhi kebutuhan cairan tubuh diketahui dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan cairan yang dikonsumsi dapat membantu tubuh mengeluarkan sisa-sisa proses metabolisme dan racun secara optimal. Anda disarankan untuk minum air mineral kurang lebih 2 liter per harinya.

Keempat, Melakukan 3M Plus, Genangan-genangan air di musim hujan sering kali menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk sendiri merupakan salah satu vektor pembawa beberapa jenis penyakit, seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Kelima, Berolahraga secara Rutin, Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara rutin adalah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang tidak kalah penting. Berolahraga secara rutin mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas tubuh.

Keenam, mencukupi Asupan Vitamin C dan Vitamin D, Vitamin C dan vitamin D adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun. Sehingga, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C dan D, tak terkecuali pada musim hujan.

Ketujuh, istirahat dan Tidur yang Cukup, Tips menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah dengan istirahat dan tidur yang cukup selama 7-9 jam per harinya. Hal ini penting dilakukan agar tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan energi. Mencukupi waktu tidur juga diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

"Semoga bermanfaat salam sehat selalu," Pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru