Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Hujan Lebat, Waspada Korsleting Listrik

  • Oleh Hendri
  • 11 Maret 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejak pukul 10:00 WIB, Sabtu 11 Maret 2023 Kota Palangka Raya diguyur hujan lebat. Atas kondisi cuaca ini, masyarakat diingatkan agar mewaspadai potensi bahaya seperti korsleting listrik dan ancaman bencana banjir.

Biasanya hujan dengan intensitas seperti ini sejumlah kawasan Kota Cantik akan terjadi genangan air di sekitar rumah. Selain itu, tetesan air hujan yang merembes dari atap rumah juga memicu risiko korsleting listrik.

Tentunya hal ini wajib diwaspadai, sebab bisa menimbulkan kebakaran rumah. Oleh karenanya, perlu sikap yang lebih waspada agar listrik di rumah tetap aman dan tidak membahayakan selama musim hujan berlangsung.

Ada beberapa tips dari Dinas Damkar yang bisa dilakukan warga agar rumah tidak beresiko mengalami korsleting listrik saat hujan. Pertama mematikan MCB atau saklar ELCB yang ada di rumah ketika hujan lebat terjadi.

Dengan begini, seluruh aliran listrik akan mati secara keseluruhan sehingga resiko terjadi korsleting jadi bisa dihindari. Kemudian mencabut kabel peralatan listrik yang masih terhubung ke stop kontak.

Selain itu, jangan memegang kabel yang terkelupas atau terbuka untuk alasan apapun. Sebab ada resiko tersengat listrik. Memindahkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

Musim hujan biasanya sering menyebabkan banjir. Oleh karenanya pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman dari genangan air. Jangan lupa memeriksa kondisi kabel, sambungan kabel dan yang berkaitan di dalamnya secara rutin.

Jika diperlukan, perbarui peralatan listrik tersebut setiap lima tahun atau ketika sudah terindikasi ada kerusakan. Menjauhkan benda yang gampang terbakar dari instalasi listrik. Dengan begini, resiko korsleting juga bisa dihindari dan tidak menyebabkan kebakaran juga. (HENDRI/H)

Berita Terbaru