Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Apresiasi Polres Gelar Pagelaran Wayang Kulit

  • Oleh Uriutu
  • 12 Maret 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan mengapresiasi Polres Barsel yang melaksanakan pagelaran wayang kulit pada Sabtu malam, 11 Maret 2023.

“Kita mengapresiasi Polres Barsel melaksanakan pagelaran wayang ini, karena tujuannya tidak hanya melestarikan budaya leluhur bangsa, Namun juga salah satu upaya mengajar dan menanamkan nilai-nilai moral dan adat ketimuran yang pada saat ini mulai terkikis,” kata asisten III Setda Barsel, Mirwansyah.

Ia mengatakan berbagai narasi yang tersaji selama pagelaran wayang kulit ini memiliki nilai-nilai luhur yang dapat diambil hikmahnya dan diamalkan dalam bermasyarakat.

Perspektif filosofi wayang, lanjut dia, mengandung arti sebagai bayangan atau cermin kehidupan  dan sifat-sifat yang ada dalam diri manusia.

“Wayang sebagai instrumen memperagakan cerita kehidupan manusia di jagat raya. Melalui pertunjukan wayang ini kita memperkokoh kesatuan dan persatuan,” jelas dia.

Ia menyampaikan untuk menjaga keberlangsungan kesenian wayang dalang sebagai peran kunci, penutur tradisional sekaligus sebagai bentuk komunikasi lisan antar generasi yang saat ini sulit dijumpai.

Pertunjukan wayang ini, lanjut dia, tidak hanya pertunjukan tidak hanya pertunjukan semata, namun juga memuat unsure-unsur pendidikan formal.

Dan juga salah satu media dalam upaya mendewasakan seseorang serta sebagai wahana pendidikan. (URIUTU DJAPER/J)

Berita Terbaru