Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panglima TNI Kenang Jasa Istri Moeldoko Memajukan Dharma Pertiwi

  • Oleh ANTARA
  • 13 Maret 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengenang jasa-jasa istri Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, almarhumah Koesni Harningsih dalam memajukan Dharma Pertiwi yakni organisasi pimpinan bagi organisasi istri anggota TNI.

“Semasa menjadi Ketua Umum Dharma Pertiwi almarhumah banyak berjasa memajukan organisasi khususnya dalam menunjang kesejahteraan prajurit,” kata Yudo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Minggu.

Yudo mengatakan almarhumah Koesni juga memberikan banyak jasa bagi organisasi istri anggota TNI AD, Persit Kartika Chandra Kirana. Yudo mendoakan agar almarhumah Koesni husnul khotimah dan diterima amal baiknya serta mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

“Beliau banyak berjasa pada TNI karena juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persit Chandra Kirana, juga pernah menjadi Ketua Umum Dharma Pertiwi. Sangat-sangat berjasa bagi TNI AD, dan TNI karena Pak Moeldoko pernah menjadi Panglima TNI. Semoga beliau husnul khotimah, diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yang mulai di sisi Allah SWT,” ujar Yudo.

Koesni Harningsih dimakamkan secara militer di TMP Bahagia, Tangerang Selatan, pada Minggu, dengan Inspektur Upacara Letkol Arm Sony Adi yang merupakan Kepala Pemakaman Komando Garnisun Tetap I Jakarta.

Sementara itu, Moeldoko mengenang almarhum Koesni Harningsih, sebagai sosok istri yang sangat setia dan berdedikasi mendampingi dirinya semasa bertugas di TNI dan di pemerintahan.

"24 September 1985, istri saya telah mendampingi saya, sangat setia, sangat setia pada tugas dan kepada saya, mendedikasikan pengabdiannya yang luar biasa untuk prajurit-prajurit saya dan istrinya," kata Moeldoko pada upacara pemakaman.

Moeldoko mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, pimpinan Kodam Jaya, dan pimpinan Komando Garnisun Tetap I Jakarta yang telah menggelar upacara militer bagi almarhumah Koesni.
 

Moeldoko juga memohonkan maaf atas segala kesalahan istrinya semasa hidup.

"Saya memohonkan maaf atas istri saya apabila selama perjalanan hidupnya telah melakukan kesalahan," kata Mantan Panglima TNI itu.

Koesni Harningsih meninggal dunia pada Minggu pukul 04.49 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit.

Turut hadir menyampaikan duka cita dalam upacara pemakaman, di antaranya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Tahir, mantan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, serta para pejabat aktif dan purnawirawan di lingkungan TNI.

Sebelumnya, jenazah Koesni Harningsih disemayamkan di rumah duka di Jalan Terusan Lembang No.D54, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut melepas keberangkatan jenazah Koesni Harningsih, dari rumah duka untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bahagia TNI, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Minggu.

ANTARA

Berita Terbaru