Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Lamandau Ingatkan ASN Tak Terlibat Politik Praktis

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Maret 2023 - 10:29 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sekretaris Daerah (Sekda) Lamandau Muhamad Irwansyah mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan setempat harus profesional dan tidak terlibat politik praktis pada pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

“Kita sebagai ASN tidak selayaknya terlibat dalam kepentingan kelompok politik. Meski begitu kita tetap mempunyai hak politik,” kata Sekda di Nanga Bulik, Senin, 13 Maret 2023.

Menurut Irwansyah, kepentingan kelompok politik itu nantinya akan menyebabkan perpecahan apabila dipraktikkan dalam lembaga pemerintahan, maka harus bersikap profesional sehingga para ASN benar-benar dapat bersikap netral.

“Netralisasi ASN, sudah diatur dalam Pasal 12 UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN,” ujarnya.

Sekda menegaskan, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah dan masyarakat. Pasalnya, dengan sikap tersebut ASN tidak lagi bisa bekerja secara profesional.

Ia mengatakan, situasi politik bisa saja memanas, tetapi ASN harus tetap pada kedudukan profesional dan tidak memihak pada kontestan politik yang akan bertanding di Pemilu maupun Pemilukada.

“Biarlah siapapun yang bertanding baik tingkat pusat, daerah atau legislatif, proses itu untuk menentukan kader-kader pemimpin yang terbaik. Tapi kita sebagai ASN yang mengawaki jalannya roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral siapapun juga pemenangnya,” pungkas Sekda. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru