Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Tandatangani Kerja Sama Perhutanan Sosial dengan 3 Kelompok Tani Hutan di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Maret 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Unit bisnis PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk - Citra Borneo Indah (CBI) Group bersama 3 Kelompok Tani Hutan (KTH) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama program Pemberdayaan Kelompok Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan seluas ± 2,190 hektar di areal Kotawaringin Barat (Kobar).

Head of Sustainability PT SSMS, Tbk, Henky Satrio Wibowo pada Senin, 13 Maret 2023 mengatakan, penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan 10 Maret 2023 

"Penandatanganan kerjasama ini dilakukan antara PT Menteng Kencana Mas (MKM) bersama KTH Danau Seluluk Jaya, KTH Tani Sejati dan KTH Mawar Bersemi digelar di Aula Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin)," kata Henky Satrio Wibowo.

Henky Satrio Wibowo menuturkan, kegiatan tersebut juga disaksikan oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun BKSDA, Kepala UPT KPHP Kobar, dan Polisi Hutan Kobar, Pimpinan Yayorin serta USAID Segar.

"Perseroan telah berpartisipasi dalam berbagai inisiatif lingkungan termasuk keterlibatan SSMS dalam program kemitraan bersama 3 KTH di Kabupaten Kobar," jelas Henky Satrio Wibowo. 

Hal ini, lanjut Henky Satrio Wibowo, sebagai bentuk komitmen dalam menerapkan praktik kelapa sawit berkelanjutan.

”Kemitraan ini sudah dinisiasi sejak tahun 2022. Beberapa program yang akan dijalankan seperti perlindungan kawasan hutan dan keanekaragaman hayati, pembentukan tim Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan kebakaran hutan dan lahan, pengadaan alat pemadam kebakaran, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat," jelas Henky Satrio Wibowo.

Henky Satrio Wibowo berharap, melalui kemitraan ini, PT SSMS, Tbk bisa menjadi contoh bagi para pelaku industri sawit untuk ikut serta berkontribusi positif dalam perlindungan dan pelestarian kawasan hutan. 

Terkait hal ini, Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng,  Dendi Sutiadi menyampaikan butuh sinergi dari berbagai pihak untuk menyukseskan program ini.

"Alhamdulillah PT SSMS, Tbk memiliki komitmen yang sejalan dengan kami yaitu mengelola dan menjaga kelestarian kawasan hutan. Semoga program yang sudah direncanakan dapat segera dimplementasikan. Harapannya 3 KTH ini bisa memicu semangat KTH lainnya untuk ikut serta dalam merawat, menjaga serta melestarikan kawasan hutan yang ada di Kabupaten Kobar," ujar Dendi Sutiadi. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru