Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau terus Cegah Kejadian Luar Biasa Flu Burung

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 14 Maret 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Godfriedson melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatatan Hewan Ibrahim menyampaikan bahwa sebagai upaya pencegahan akan kejadian luar biasa flu burung kini pihaknya secara intensif melakukan pencegahan.

"Pencehan awal ini kita lakukan bekerjasama dengan kementrian pertanian direktorat jendral peternakan dan kesehatan balai veteriner Banjarbaru untuk menguji sampel hewan ternak," katanya.

Yang demikian terang Ibrahim merupakan langkah awal pihaknya menyikapi akan adanya surat edaran dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit yang tepah ditetapkan pada 24 Februari 2023.

Yakni tim dari Banjarbaru melakukan uji sampel darah di kandang tingkat peternak untuk dilanjutkan pemeriksaan di laboratorium seperti langkah awal adanya wabah penyakit mulut dan kuku beberapa waktu lalu.

"Dengan terfokus di daerah perbatasan, tim dilapangan melakukan kontrol dengan menyemprotkan disenpektan guna mencuci hama penyakit supaya ternak yang masuk tidak tertular," bebernya.

Hal tersebut dilakukan pihaknya di satu titik yakni di dermaga bahaur, namun hingga kini akses untuk masuk hewan ternak dari luar daerah dilakukan penutupan. Hanya saja, masih terdapat kelonggaran.

"Jalur masuk di dermaga bahaur ini ditutup untuk ternak sebagai bentuk antisipasi pencegahan. Meskipun ada harus disertai dokumen seperti ada surat jalan ternak dari luar daerah artinya kalau ada surat jalan dan surat keterangan kesehatan hewan dinyatakan aman, jika tidak akan ada ketegasan," bebernya.

Ditambahkan Ibrahim, untuk kabupaten pulang pisau sendiri telah dinyatan negatif berdasarkan surat yang dikeluarkan balai veteriner Banjarbaru pada 22 Februari lalu. (ahm)

Berita Terbaru