Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Buka Musrenbang RKPD Barito Utara 2024

  • Oleh Ramadani
  • 15 Maret 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2024 di aula Bappedalitbang, Selasa, 14 Maret 2023.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD tersebut, Wakil Ketua I DPRD Parmana Setiawan, para Asisten Sekda, Kepala Pengadilan Agama, Waka Polres, Perwakilan Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengan, pimpinan instansi vertikal, perbankkan, Camat se Barito Utara serta undangan lainnya.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan tahapan perencanaan pembangunan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan secara kolaborasi antar tiga pilar diantaranya pemerintah daerah, masyarakat dan swasta/dunia usaha.

“Musrenbang adalah momentum penting guna menampung gagasan dan aspirasi para pelaku pembangunan untuk diintegrasikan ke dalam berbagai bidang urusan pemerintah wajib maupun pilihan serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral,” kata Wabup.

Dikatakan Wabup, hasil Musrenbang ini diharapkan memberikan masukan berharga bagi kita dalam merumuskan dan menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2024, yang selanjutnya menjadi acuan untuk penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2024.

Selain itu juga, kata Sugianto Panala Putra, kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), mencerminkan komitmen pemerintah akan pentingnya rujukan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk menjadikan hasil-hasil rumusan perencanaan pembangunan (hasil Musrenbang-red) sebagai salah satu bahan dalam penyusunan dokumen anggaran rancangan ABPD kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Wabup juga mengimbau semua pimpinan perangkat daerah agar memperhatikan hasil musrenbang RKPD tingkat kecamatan yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan, sehingga dapat menyerap dan mengalokasikan dana kegiatan secara profesional sesuai kebutuhan.(RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru