Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Forkopimda Kalteng Komitmen Jaga Inflasi Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 Maret 2023 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Tengah menegaskan komitmen bersama dalam menjaga stabilitas inflasi di Kalteng.

Komitmen dituangkan secara simbolis melalui launching dan penandatanganan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalteng 2023 Ayo Malan dan Kick Off Operasi Pasar Se-Kalteng.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menekankan pentingnya kemandirian bahan pangan lokal serta komoditas utama pemicu selama ini.

“Ketika kunjungan ke pasar rata-rata barang kita kalau di daerah timur dan tengah dimonopoli dari Banjarmasin. Seperti gabah jelas dari Kalteng tapi diolah di penggilingan banjar dan masuk lagi ke Kalteng,” tuturnya saat membuka high meeting pertemuan Forkopimda Kalteng serta tokoh di Aula Jayang Tingang, Rabu, 15 Maret 2023.

Ia meminta pemanfaatan akses jalan sawah di kawasan food estate Kalteng diberdayakan dengan penanaman komoditas hortikultura serta sayur yang memiliki daya tahan cukup lama.

“Jalan bisa ditanami cabe, tomat, kacang panjang, timun, daun bawang, maupun bawang merah yang bisa tahan sampai tiga bulan. Bisa diaplikasikan di food estate termasuk kabupaten kota lainnya,” tuturnya. (HERMAWAN DP/R)

Berita Terbaru