Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kotim Terima Trenggiling Ditemukan di Atas Kapal

  • Oleh Noor Annisa
  • 15 Maret 2023 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Kotawaringin Timur Muriansyah menyampaikan, pihaknya menerima trenggiling yang ditemukan di atas kapal saat bersandar di pelabuham Pelindo III Sampit, Rabu, 15 Maret 2023.

"BKSDA Pos Sampit menerima penyerahan 1 ekor satwa liar yang dilindungi UU RI, jenis trenggiling dengan kondisi nampak sehat," katanya.

Dia menjelaskan, laporan keberadaan trenggiling ini dari seorang warga yang merupakan staf di Pelindo III Sampit, Taufik Rifani, kemarin malam dan dilakukan serah terima pada hari ini.

"Dari keterangan Taufik, trenggiling tersebut ditemukan kemarin sore sekitar pukul 16.30 WIB, di atas kapal pengangkut pupuk yang baru saja bersandar di Pelabuhan Pelindo III Sampit," bebernya.

Taufik yang mengetahui satwa tersebut merupakan jenis satwa yang dilindungi UU RI, segera mengamankan dan melaporkannya kepada petugas BKSDA untuk ditangani lebih lanjut.

Selanjutnya, petugas BKSDA yang didampingi pihak Pelindo mengunjungi lokasi ditemukan trenggiling dan memberikan pengarahan terkait UU Konservasi dan sanksi hukum pada kapten kapal dan beberapa ABK yang ditemui. 

"Petugas juga berkoordinadi dan berdiskusi dengan pimpinan Pelindo III Sampit terkait pengawasan dan pengamanan khususnya terhadap pengangkutan Tumbuhan Satwa Liar (TSL) yang dilindungi UU di wilayah pelabuhan Pelindo III Sampit.

Belum diketahui pasti kenapa trenggiling tersebut berada di kapal, namun sebelum bongkar muatan di pelabuhan, kapal sempat berlabuh di daerah Desa Pelangsian selama 6 hari menunggu antri bongkar muatan.

"Di saat inilah, kami duga trenggiling masuk atau dimasukan ke kapal," pungkasnya. (NOOR ANNISA/J)

Berita Terbaru