Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Maret 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas membuka musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang tingkat kabupaten di Aula Kantor Bappeda Barito Timur, Kamis, 16 Maret 2023.

Dalam pokok-pokok arahannya Bupati mengatakan, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Barito Timur tahun 2023 diharapkan dapat menghasilkan program atau kegiatan yang partisipatif dan selaras dengan prioritas pembangunan provinsi maupun nasional.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 diamanahkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah," ucapnya.

Menurut Ampera, masyarakat, pemerintah dan swasta merupakan elemen penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan aspirasi-aspirasi dari para pemangku kepentingan sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan, berkesinambungan untuk dituangkan dalam rancangan akhir rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD Barito Timur tahun 2024.

"Sebagai bentuk korelasi antara substansi RKPD dengan kerangka pendanaan dalam RKPD, maka dukungan partisipasi sumber daya masyarakat dan sumber pendanaan lainnya adalah elemen penting yang harus diupayakan untuk mendukung pembiayaan pembangunan, disamping pembiayaan yang bersumber dari APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) Barito Timur," sambungnya.

Bupati menambahkan, pelaksanaan proses sinkronisasi program dan pendanaan melalui musrenbang kabupaten diharapkan akan terbangun struktur perencanaan penganggaran yang mampu merealisasikan solusi terhadap permasalahan- permasalahan yang dihadapi Barito Timur.

"Mengingat keterbatasan dana pembangunan daerah maka rencana program dan kegiatan pembangunan daerah untuk tahun 2024 yang akan dibahas dan dirumuskan supaya dipilih dan dipilah menurut skala prioritas dan dikelompokkan berdasarkan sumber pembiayaan seperti APBD kabupaten, APBD provinsi, APBN, DAK, swadaya masyarakat dan dunia usaha swasta," ungkapnya.

Ampera menerangkan, hal tersebut bukan bermaksud mengecilkan atau mengesampingkan keberadaan usulan yang diajukan oleh masing-masing kecamatan dan perangkat daerah, tetapi semata-mata untuk mengingat kapasitas dan ketersediaan anggaran keuangan daerah yang masih terbatas.

"Sehingga strategi dalam pembangunan daerah mulai mengarah kepada mendorong kerja sama dengan pihak swasta (dunia usaha/investor) dalam dan luar negeri maupun dengan daerah lain dalam bentuk kerjasama ekonomi terpadu pemanfaatan sumber daya alam (SDA)," jelasnya.

Bupati mengatakan, pada era otonomi daerah sekarang ini, peran aktif dan kerja sama ketiga pelaku pembangunan yaitu masyarakat, swasta (dunia usaha) dan pemerintah merupakan faktor penentu keberhasilan pembangunan daerah dan masyarakat.

Musrenbang tingkat kabupaten itu dihadiri oleh seluruh pejabat daerah, para camat serta pejabat dari Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru