Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Usulkan Pembangunan Pelabuhan Pasar Bahaur

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 17 Maret 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Upaya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam meningkatkan pembangunan tetus dilakukan. Melalui Dinas Perhubungan usulkan peningkatan pembangunan Pelabuhan Pasar Bahaur di Kecamatan Kahayan Kuala.

Kepala Dishub Pulpis Supriyadi mengatakan hal tersebut disampaikan pihaknya saat melaksanakan gelar Expose Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Pasar Bahaur yang berlangsung di ruang Rapat Bupati, dipimpin langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Deni Widanarni.

"Dalam kegiatan ini turut hadiri Kepala BPTD Provinsi Kalimantan Tengah M Andi Rahmatullah, Staf Ahli Bupati Edi P Casmani, Camat Kahayan Kuala, dan undangan lainnya," katanya.

Dijelaskan Supriyadi bahwa Expose tersebut merupakan salah satu titik koordinasi dari berbagai usulan-usulan yang disampaikan masyarakat ke kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, terkait peningkatan pembangunan Pelabuhan Pasar Bahaur di Kecamatan Kahayan Kuala.

"Hingga saat ini proses usulan masyarakat tersebut sampai pada proses perencanaan pembangunan Pelabuhan Pasar Bahaur. Sehingga sebagai tindak lanjut dari usulan yang kita terima," bebernya.

Yang mana dengan akan ditingkatkannya pembangunan pelabuhan tersebut sehingga menjadi pelabuhan yang representatif, aman dan nyaman bagi aktivitas, baik bongkar muat barang dan aktivitas masyarakat. 

Selain aktivitas bongkar muat barang dan masyarakat kata Supriyadi, dirancang sebagai objek wisata. Mengingat, perencanaan pembangunannya sangat menunjang jika dikembangkan untuk destinasi wisata.

"Selain letaknya strategis di kawasan pasar, juga di ibukota kecamatan sehingga dilokasi tersebut banyak aktivitas masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut," ucqpnya.

Sedangkan darihasil Expose tersebut diungkapkan dia, terdapat beberapa catatan dan kekurangan yang harus dilengkapi dan diperbaiki. Seperti lahan yang belum memiliki sertifikat, dan rencana desain yang belum maksimal, AMDAL Lalin dan AMDAL sehingga dalam waktu dekat ini akan diperbaiki.

"Kita berharap dari kegiatan Expose ini, melalui BPTD Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah dapat mendorong untuk mengusulkan pembangunan Pelabuhan Pasar Bahaur melalui APBN 2024," tandasnya. (ahm)

Berita Terbaru