Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengamatan GMT Berbalut Tradisi Lokal

  • 09 Maret 2016 - 20:47 WIB

PELAKSANAAN pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) di Kabupaten Lamandau yang dipusatkan di Bundaran Rusa, komplek perkantoran Bukit Hibul berlangsung meriah walau sempat diguyur hujan, kemarin (9/3).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsenbud) Kabupaten Lamandau, Charles Rakam Mamud, kegiatan tersebut   salah satunya bertujuan untuk memperkenalkan dunia pariwisata. 

Terlebih, dalam menyambut fenomena alam langka tersebut dikolaborasikan dengan tradisi budaya lokal yang mengambil tema 'Maurus Gerhana'.

'Selain itu juga untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Dayak terhadap seni dan budayanya serta meningkatkan daya saing kabupaten Lamandau dibidang pariwisata yang lebih besar dengan daerah lain,' kata Rakam.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lamandau, Marukan, mengungkapkan bahwa  fenomena langka dan unik ini diharapkan dapat menjadikan Lamandau terus berkembang serta menjadi destinasi wisata budaya yang berdaya saing.

Dirinya juga berharap dengan berlangsungnya kegiatan tersebut  jumlah kunjungan wisatawan, media, peneliti dan fotografer dapat meningkat secara signifikan yang bisa berdampak pada meningkatnya penghasilan para pelaku usaha yang ada di Bumi Bahaum Bakuba

'Kita semua yang hadir saat ini juga patut bersyukur karena dapat menyaksikan kesempatan yang diberikan Tuhan yang maha besar dan melalui peristiwa GMT  ini kita juga dapat belajar mengenai kebesaran sang pencipta,' tandasnya.

Seperti terpantau, pengamatan GMT di Lamandau kali ini dikolaborasikan dengan tradisi lokal. 

Antara lain, pemukulan lesung, Basosilih (pembacaan riwayat kejadian) gerhana menurut kepercayaan Dayak Tomun, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) di beberapa wilayah Kalteng juga cukup meriah. Seperti di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Namun hujan deras dan cuaca mendung menghalangi pengamatan GMT tersebut.(B-11)

Berita Terbaru