Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Blok Hunian Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Dirazia, Ini Hasilnya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Maret 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Blok hunian warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas II B Pangkalan Bun dirazia pada Jumat, 17 Maret 2023. Razia tersebut melibatkan tim gabungan terdiri atas petugas Lapas, Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI dan Polri. Razia ini dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-59.

Kepala Lapas, Doni Handriansyah menyampaikan, razia tersebut bertujuan untuk melakukan deteksi dini adanya gangguan keamanan ketertiban serta mewujudkan komitmen 'Zero Halinar" Handphone, Pungli dan Narkoba'.

"Kegiatan razia tersebut merupakan program rutin sebagai salah saru komitmen lapas terkait 'Zero Halinar', sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan alhamdulillah hasilnya kita tidak menemukan handphone dan barang-barang narkoba," ujarnya.

Adapun barang-barang yang ditemukan di antaranya, botol kaca, cermin, kartu remi, kartu domino, kabel data, headset, korek api, senjata tajam buatan, pinset, gunting kuku, baterai, botol parfum, gunting, cutter, speaker, kabel, tumbler, kayu, obat-obatan, batu asahan, alat cukur dan tali.

Dari sekian banyak temuan, hal yang termasuk berbahaya dan berpotensi untuk dijadikan alat niat tidak baik, yakni botol kaca, korek api, sajam buatan, pinset, gunting kuku, botol parfum, gunting, cutter dan alat cukur.

Doni Handriansyah menyampaikan terima kasih kepada unsur terkait atas sinerginya dalam menciptakan keamanan di dalam lapas. "Terima kasih banyak kepada BNN, TNI dan Polri yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan kondisi Lapas Pangkalan Bun saat ini aman tekendali," tambahnya.

Sementara itu, pihak BNNK Kobar mengatakan bahwa kegiatan razia merupakan bentuk sinergi antarpenegak hukum.

"Pelaksanaan kegiatan razia di Lapas Pangkalan Bun ini sebagai tindak lanjut dari sinergitas. Artinya adanya sinergi dari kementerian atau lembaga di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Barat dalam kegiatan razia," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru