Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Jalan Montallat Rusak Parah

  • 09 Maret 2016 - 21:05 WIB

KONDISI badan jalan di Desa Montallat I  dan Desa Montallat II, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara (Barut), kondisinya rusak parah. Karena ruas tersebut merupakan akses utama warga sekitar sudah seharusnya pemerintah segera melakukan perbaikan.

Demikian yang disampaikan anggota DPRD Barut Lahmudin. Ia menyatakan itu usai melakukan reses ke desa tersebut, belum lama tadi.

Awalnya, jalan tersebut dikelola dan dikerjakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaaan Umum untuk pembuatan jalan tembus dari Montallat I ke Montalat II. Namun, karena tidak ada kelanjutannya maka jalan itu rusak hingga kini tidak bisa dipergunakan.

'Kendaraan  roda empat tidak bisa lewat sama sekali. Namun kendaraan roda dua masih bisa meski harus melewati medan berat karena banyak lobang-lobang di sepanjang jalan, tandas Lahmudin, Rabu (9/3/2016).

Politisi PAN itu menambahkan, panjang badan jalan yang rusak sekitar 7 km kini sudah banyak ditumbuhi pohon di sepanjang jalan karena tidak terurus sejak beberapa tahun terakhir. Padahal, jalan itu merupakan satu urat nadi transportasi penghubung kedua desa selain transportasi sungai.

'Peningkatan jalan ini merupakan salah satu janji politik bupati dan wakil bupati saat kempanye dulu pada warga desa Montallat ! dan Montallat II, hendaknya janji ini bisa terealisasi secepatnya,' kata Lahmudin.

Selain itu, imbuh Lahmudin, insfrastruktur jalan merupakan akses pen'ting bagi kemajuan ekonomi dimanapun berada, baik kabupaten kota, kecamatan, kelurahan dan terutama desa.

Kalau akses jalan rusak maka dipastikan desa 'desa disekitar akan sangat terpengaruh perekonomiannya, bahan sembako akan menjadi malah sedangkan hasil pertanian atau perkebunan warga dinilai rendah dengan alasan biaya operasional tinggi oleh ara pembeli.

Akibatnya, imbuh Lahmudin, perekonomian yang sudah terpuruk akan semakin terpuruk oleh karena akses jalan yang sulit sedangkan roda perekonomian akan terus berputar tanpa bisa menghentikannya dikarenakan kebutuhan masyarakat. (DN/B-5)

Berita Terbaru