Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Kinerja Dengan Pengelolaan Arsip

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 19 Maret 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Guna meningkatkan penunjang aktivitas administrasi, alat pengambil keputusan, bukti pertanggung jawaban, sumber informasi, dan wahana komunikasi. Pengelolaan arsip yang baik diharapkan dapat mendukung kinerja pemerintah daerah.

Staf Ahli Pembangunan hukum dan politik Iwan Hermawan mewakili Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menghadiri pembukaan bimbingan teknis pengelolaan arsip dinamis tahun 2023, di Aula Mess Pemda setempat.

Membacakan sabutan Bupati, Iwan mengatakan bahwa secara umum arsip memiliki fungsi untuk penunjang aktivitas administrasi yang bertujuan untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya menjamin kepentingan negara dan hak kedataan rakyat.

“Arsip juga sebagai alat bukti dalam rangka penegakan hukum dan menjadi sumber data bagi tata kelola pemerintahan baik pusat maupun daerah. Sehingga penerapan pengelolaan arsip sebagai upaya menjaga identitas jatidiri suatu daerah dengan nilai kekinian dan kenantian,” katanya.

Adapun nilai kekinian jelas dia, guna mendukung akuntabilitas kinerja, sedangkan nilai kenantian terkait dengan warisan budaya, sejarah yang harus dirawat dan diwariskan kepada generasi pada masa yang akan datang.

Yang demikian, menjadikan arsip sebagai susunan informasi, acuan dan bahan pembelajaran masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga dengan terselenggaranya kegiatan ini ia berharap pola pengelolaan arsip menjadi lebih baik guna mendukung kinerja pemerintah daerah.

"Sebagaimana pesan Ibu Bupati, pengelolaan arsip dinamis yang dilaksanakan ini wajib untuk dilaksanakan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Pulang Pisau yang berdasarkan UU RI Nomor 43 Tahun 2009," harapnya. (ahm)


TAGS:

Berita Terbaru