Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lindungi Kawasan Hutan

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 20 Maret 2023 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Upaya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam melindungi kawasan hutan terus dilakukan, salah satunya dengan menunjang kelangsungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui konservasi keanekaragaman hayati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hendri Arroyo mengatakan guna menjaga hal tersebut diperlukan dan ditetapkan kawasan hutan yang dilindungi dengan bekerjasama dalam mempertahankan kondisi lingkungan.

“Saat ini pemkab pulpis secara terintegritas terus membangun hal tersebut, termasuk dengan pemangku kepentingan lainnya melalui berbagai program kemitraan melalui sumber APBN, APBD serta bantuan Bank Dunia yang berkonsentrasi dalam mempertahankan kondisi lingkungan,” katanya.

Sebagai narasumber seminar rangkaian kegiatan Festival Madu Rawa Gambut kerjasama Pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau dengan Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan (KPSHK) yang dilaksanakan di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Dengan tema Pengelolaan konservasi dan ekosistem, diterangkan Hendri, secara geografis Kabupaten Pulang Pisau hampir 70 persen atau 621.700 hektar adalah kawasan hutan. Dimana 60 persen dari luas kabupaten terdapat dua kubah besar gambut.

“Sehingga hal ini diperlukan keseriusan kita secara terintegrasi untuk melaksanakan berbagai program kegiatan dalam menjaga ekosistem dan pengelolaan hayati dengan tujuan akhir adanya keseimbangan antara terjaganya kelestarian alam,” ujarnya.

Begitu juga dengan keterlibatan masyarakat sebagai pelaku utama dalam pemanfaatannya. Bahkan, Hendry menuturkan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa kemitraan diantaranya melalui Borneo Nature Foundation (BNF) terkait koridor satwa liar bekantan.

Kemudian melalui BKSDA yang rencananya pada tahun 2023 ini akan mencanangkan Desa Ramah Wisata di desa Tahawa Kecamatan Kahayan tengah, serta akan membangun kerjasama terkait Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Danau Bagantung yang ada di Desa Tanjung Taruna.

Dimana kawasan tersebut merupakan ekosistem lahan basah yang memiliki keunikan dan fungsi penting dari habitat dengan populasi species burung dan ikan yang tinggi. Sehingga sebagai upaya menyelaraskan Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau 2018-2023.

Yakni untuk peningkatan kualitas sumber daya alam (SDA) dan lingkungan berkelanjutan, pihaknya menyelaraskannya dengan membangun integrasi serta kerjasama. Baik melalui Kementrian LHK, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah, NGO, pihak perusahaan dan lainnya.

Berita Terbaru