Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar terus Berupaya Tingkatkan Kebersihan Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Maret 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Lingkunhan Hidup (DLH) terus berupaya meningkatkan kebersihan Pangkalan Bun.

Seperti yang saat ini sedang digencarkan oleh DLH Kobar, yaitu melakukan patroli untuk membersihkan tempat - tempat atau lokasi yang masih terjadi penumpukan sampah.

Disampaikan oleh Kepala DLH Kobar Fitriyana melalui Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Nurliani, bahwa saat ini Pemkab Kobar tengah berupaya mempercantik estetika kota, sehingga pihaknya konsen menyasar kebersihan kota dari tumpukan sampah.

"Kami konsen tempat yangg timbunan sampahnya masih banyak dan untuk pelaksanaan kita tetap koordinasi dengan lurah setempat," ujarnya, Saat dikonfirmasi pada Minggu, 19 Maret 2023.

Disebutkannya, salah satu lokasi yang telah terpantau terdampak sampah menumpuk, yakni di Jalan A.Yani, No.2 Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan.

Menyikapi masih terjadi penumpukan sampah liar di beberapa lokasi, pihaknya mengharapkan kerjasama dari masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah secara sembarangan.

Terkait dengan pengelolaan persampahan, Pemkab sudah mengeluarkan Perda yang mengatur jadwal pembuangan sampah, yaitu dari pukul 21.00 WIB - 05.00 WIB.

"Harapan kita waktu - waktu yang sudah kita sepakati ini bisa ditaati oleh masyarakat, sehingga memudahkan kami dalam penanganan pengangkutan," tuturnya.

Masalahnya saat ini adalah, unit pengangkutan mulai operasional di jam 05.00 WIB. Namun kenyataannya masih ada masyarakat yang membuang sampah di jam 07.00 WIB, bahkan sampai siang hari.

"Karena ketidaktertiban membuang sampah sesuai waktunya, sehingga sampah - sampah ini terkesan tidak terangkut karena pada saat pengangkutan tertinggal," jelasnya. (DANANG/J)

Berita Terbaru