Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Optimistis LKPD 2022 Raih Opini WTP

  • Oleh Hendri
  • 20 Maret 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin optimistis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun anggaran 2022 yang sudah diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Sudah 6 kali berturut-turut kita meraih opini WTP,  kami juga optimistis LKPD 2022 kembali WTP untuk yang ke tujuh kalinya secara berturut-turut. Tentunya dengan ketepatan dan kecepatan menindaklanjuti masukan dari BPK nantinya," katanya, Senin, 20 Maret 2023.

Sebelumnya Ia telah mewanti-wanti jajarannya untuk segera menuntaskan laporan ini sejak awal. Perintah tersebut tak lain untuk menunjukkan keseriusan pemko dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan dengan baik dan akuntabel.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Kalteng, M. Ali Asyhar menyampaikan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah memuat opini mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan tersebut.

Opini itu kata dia, merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang didasarkan pada kriteria kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

"Terdapat 4 jenis opini yang dapat diberikan oleh pemeriksa, yakni opini wajar tanpa pengecualian, opini wajar dengan pengecualian, opini tidak wajar dan pernyataan menolak memberikan opini," pungkasnya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru