Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fenomena Siklonik, Pengaruhi Cuaca di Kobar Belakangan Ini

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 Maret 2023 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam beberapa hari kedepan kondisi hujan ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Iskandar, Aqil Ihsan, Senin, 20 Maret 2023 menjelaskan fenomena cuaca apa saja yang mempengaruhi kondisi tersebut.

"Saat ini terbentuk pusaran angin atau siklonik, dibagian barat Kalimantan. Fenomena tersebut menyebabkan angin melambat sehingga mengakibatkan pembentukan dan penumpukan udara yang memicu tumbuhnya awan hujan," jelasnya.

Awan hujan ini meliputi hampir seluruh wilayah pulau Kalimantan bagian selatan. "Fenomena siklonik tersebut diprakirakan akan bergerak kebagian barat, menjauh dari wilayah Kobar. Sehingga kedepannya dampak hujan masih dirasakan pada wilayah Sukamara dan Lamandau," jelasnya.

Aqil menjelaskan untuk wilayah Kobar masih ada potensi hujan ringan dan sedang pada beberapa waktu kedepan, sedangkan kondisi cuaca saat ini masih berada pada musim hujan.  (WAHYU KRIDA/R)

Berita Terbaru