Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Instruksikan Dishub Pantau Bongkar Muat Bahan Pangan

  • Oleh Noor Annisa
  • 20 Maret 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur Halikinnor mengintruksikan kepada pihak Dinas Perhubungan setempat agar memantau aktivitas bongkar muat bahan pangan yang disuplai dari luar daerah seperti pulau Jawa, Banjarmasin dan lainnya.

Hal ini disampaikannya dalam rangka menekan tingkat inflasi dan menjaga ketersediaan bahan pangan selama bulan Ramadan di wilayah ini.

"Saya minta nanti Dishub koordinasikan dengan KSOP dan Pelindo terkait distribusi bongkar muat bahan pokok yang bersumber dari pulau Jawa atau daerah lainnya, apabila bahan kebutuhan pokok yang mendesak seperti sayur atau bahan yang mudah busuk agar didahulukan," tegasnya, Senin, 20 Maret 2023.

Dia melanjutkan, jangan sampai ada bahan pangan atau kebutuhan pokok stoknya sudah menipis tetapi masih mengantre untuk dibongkar, sehingga terjadi kekosongan yang menyebabkan harga naik.

Berbagai cara dilakukan pemerintah guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran terlebih pada saat memasuki bulan Ramadan.

"Kita menjaga agar harga itu tidak melonjak, kalaupun naik sedikit tidak masalah asalkan kebutuhan pokok tetap tersedia di pasaran," ujarnya.

Adapun beberapa intervensi pasar yang dijadwalkan pemerintah untuk beberapa waktu ke depan yakni dengan menggelar pasar murah dan penyeimbang dengan memberikan subsidi untuk komoditas pemicu inflasi, melakukan operasi pasar untuk mengetahui harga dan ketersediaan barang, serta melakukan pengecekan terhadap distributor untuk mencegah penimbunan barang dan lainnya. (NOOR ANNISA/J) 

Berita Terbaru