Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kata Kepala Kanwil ATR/BPN Kalteng Cegah Sengketa Tanah

  • Oleh Apriando
  • 21 Maret 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalimantan Tengah, Elijas B. Tjahajadi, memberikan pandangan tentang pentingnya pengelolaan tanah yang benar untuk mencegah terjadinya sengketa.

Menurut Tjahajadi, kunci utama untuk menghindari sengketa tanah adalah dengan memastikan bahwa tanah yang dimiliki tersebut dikuasai dan dimanfaatkan dengan baik.

Bidang tanah yang dimiliki memiliki nilai ekonomis yang penting untuk diberdayakan, sehingga pemilik harus memastikan tanah tersebut dipelihara dengan baik.

"Kepemilikan tanpa pemanfaatan akan menjadi suatu masalah di masa depan, bisa ditemukan adanya sengketa batas, sengeketa kepemilikan, dikarenakan mekanisme kepemilikan tidak dilakukan penguasaan atau pemeliharaan," katanya saat diwawancarai di Halaman kantor Kejaksaan Tinggi Kalteng, Senin, 20 Maret 2023.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa pengelolaan tanah yang baik sangat penting untuk mencegah terjadinya sengketa di kemudian hari.

Selain itu, Tjahajadi juga memberikan komentar terkait kasus dugaan mafia tanah. Selaku lembaga administrasi pertanahan yang mencatat kesesuaian subyek dan obyek proses penyelesaian kasus ini MGS ini menjadi titik awal untuk layanan pertanahan yang lebih sehat.

 “Ke depannya, penyelesaian kasus tersangka MGS menjadi titik awal untuk menjadikan layanan pertanahan yang lebih sehat di Provinsi Kalteng,” pungkasnya. (APRIANDO/J)

Berita Terbaru