Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Hujan, Pemda di Kalteng Diminta Pantau Wilayah Rawan Banjir

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Maret 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Secara umum di wilayah Kalteng sekarang ini masih masuk musim penghujan dan hal ini tentu harus dapat diwaspadai, sebab provinsi ini sendiri sangat rawan terjadi bencana alam baik itu banjir, tanah longsor dan lain-lain.

Melihat kondisi demikian anggota DPRD Kalteng Achmad Amur meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng ini agar dapat secara berkala memantau wilayah rawan banjir di daerah masing-masing khususnya yang berada di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Pemantauan itu tujuannya untuk mempermudah penanganan, jadi perlu diantisipasi sejak dini. Apabila memang kondisi sudah tidak memungkinkan pemda melalui instansi terkait atau lembaga dilapangan agar memberikan peringatan," ucapnya, Selasa, 21 Maret 2023.

Ia mengatakan, di Indonesia secara umum khususnya di Kalteng sendiri banyak pemukiman warga yang berada di wilayah pinggiran DAS, dan tentu bagi masyarakat disana sangat rawan mengalami bencana banjir ketika musim penghujan akibat debit air sungai meluap.

Beberapa daerah seperti pada tahun-tahun terakhir ini di Kalteng kerap mengalami kebanjiran dan banyak masyarakat yang terdampak, dan hal itu tentu sangat merugikan baik itu kehidupan sosial maupun perekonomian masyarakat yang terkena musibah itu.

"Pemda jangan sampai lengah, persiapan penanganan baik dati segi anggaran, peralatan dan sebagainya harus disiapkan dengan baik. Lakukan antisipasi dini supaya penanggulangan dapat dengan mudah dilakukan kemudian ketika bencana itu terjadi," tuturnya.

Di sisi lain, ia juga turut mengingatkan masyarakat yang berada dipinggiran DAS supaya tetap berhati-hati terhadap potensi bencana banjir, apabila memang kondisi sudah tidak memungkinkan agar bisa segera mengungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebelum terjadinya bencana ada baiknya waspada dan perhatikan berbagai hal yang dapat merugikan, pastikan semuanya diselamatkan terlebih dahulu. Tetap waspada mengingat musim penghujan saat ini masih sering terjadi disejumlah wilayah di Kalteng," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru