Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK Minta Masyarakat Cerdas Akses Pinjaman Daring

  • Oleh ANTARA
  • 21 Maret 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Denpasar - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Bali dan Nusa Tenggara meminta masyarakat untuk cerdas saat mengakses pinjaman daring (pinjaman online/pinjol) menjelang hari besar keagamaan.

“Pertama, masyarakat harus cerdas, cek legalitas dan logis,” kata Kepala OJK Regional Bali dan Nusa Tenggara Kristrianti Puji Rahayu di Denpasar, Selasa.

Ia meminta masyarakat untuk memastikan registrasi perusahaan pinjaman daring atau perusahaan teknologi keuangan (fintech) yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman (peer to peer/P2P lending).

Regulator itu mengimbau masyarakat untuk menghubungi kontak 157 atau melalui layanan pesan berbasis aplikasi di 081-157157157 untuk memastikan perusahaan pinjaman daring itu terdaftar (legal) atau bodong.

Selain itu, ia juga mengimbau untuk logis terutama terkait besaran bunga yang ditawarkan.

Berdasarkan data OJK, perusahaan teknologi keuangan P2P lending sampai Januari 2023, terdapat 102 yang berizin dari regulator itu.

P2P lending itu menawarkan penyederhanaan proses pinjaman, terutama bagi mereka yang memiliki akses terbatas ke layanan perbankan.

Dengan penerapan inovasi teknologi dan informasi, pencairan pinjaman dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Sementara itu, data statistik OJK fintech lending pada Januari 2023 mencatat total penyaluran pinjaman perusahaan teknologi keuangan secara nasional mencapai Rp18,7 triliun.

Dari jumlah itu, untuk wilayah Bali pada Januari 2023 tercatat penyaluran pinjaman kepada penerima mencapai Rp264,3 miliar kepada 205 ribu penerima berdasarkan akun.

Berita Terbaru