Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkelahian Diduga Rebutan Lahan di Kapuas Mengakibatkan 2 Orang Tewas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Maret 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dua orang meninggal dunia setelah terlibat perkelahian di Dusun Petak Bahenda, Desa Manis, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas pada Minggu, 19 Maret 2023.

Adalah AD (28) dan R (23) warga Kecamatan Kapuas Tengah menjadi korban meninggal dalam peristiwa berdarah ini. Diduga, perkelahian itu terjadi karena rebutan lahan atau klaim lahan antardua kelompok.

Dari kasus ini, pihak kepolisian juga telah mengamankan 1 orang pria berinisial Di (42). Ia ditangkap di pinggir Sei Kuatan, Dusun Petak Bahenda, Desa Manis pada Senin, 20 Maret 2023.

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono melalui Kasatreskrim Iptu Iyudi Hartanto menjelaskan kronologis kejadian di lokasi tersebut sekitar pukul 09.30 WIB, berawal saat Sg didampingi Sa datang ke lahan atau tanah miliknya.

Kemudian, Sg dan Sa ini didatangi dua pria yakni Di dan AD (28) yang masing-masing membawa senjata tajam jenis.

"Saat itu Di dan AD menyuruh mereka menghentikan aktivitas dengan cara memberi isyarat tangan dan mengacungkan senjata tajam yang sudah keluar dari kopangnya," kata Kasatreskrim Polres Kapuas, Iptu Iyudi Hartanto, Rabu, 22 Maret 2023.

Iptu Iyudi Hartanto melanjutkan, Sa kemudian mendatangi Di dengan mengeluarkan juga senjata tajam yang dibawanya dan menyerang Di dengan cara menebas Di berkali-kali. Namun, Di berhasil menghindari serangan dari Sa dan pada saat tebasan terakhir, bilah tajam senjata tajam jenis mandau milik Sa patah atau lepas dari gagang senjata tajamnya.

Lalu, Di menyerang balik Sa dengan cara menebas Sa hingga mengenai bagian wajah sebelah kiri luka robek dan dada sebelah kanan robek. Dengan kondisi itu, Sa melarikan diri ke tempat yang aman bersama dengan Sg.

Selanjutnya, di waktu yang hampir bersamaan, mendengar terjadi perkelahian antara Sa dan Di, datanglah R (23) yang membawa sebilah senjata tajam dan mendekati Sa dan Di. Namun, R bertemu dengan AD yang langsung menyerang R menggunakan senjata tajam dengan cara menebas R.

R juga membalas menyerang AD dengan menggunakan senjata tajam dengan cara menebas AD dan mengenai bagian kaki kanan, bagian belakang, tangan sebelah kiri dan bagian dada yang mengkibatkan luka menganga, membuatnya tergeletak lemas dan mengeluarkan banyak darah.

Melihat Sa melarikan diri setelah diserang oleh Di, R mendekati Sa ingin membantu. Namun, R terjebak di tanah liat atau lumpur yang mengakibatkan R sulit bergerak.

Berita Terbaru