Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tradisi Warga Palangka Raya Berziarah ke Makam Sambut Ramadan

  • Oleh ANTARA
  • 23 Maret 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga di Kota Palangka Raya mempunyai tradisi berziarah ke makam keluarga dan saudara dalam menyambut Ramadan.

"Setiap tahun, menjelang Ramadan saya bersama keluarga berziarah ke makam nenek dan keluarga yang lebih dahulu dipanggil," kata Yusuf Rahman di kompleks pemakaman Muslim Jalan Tjilik Riwut, kilo meter 12 Palangka Raya, Rabu 22 Maret 2023.

Di antara tujuan ziarah tersebut adalah untuk mengingatkan keluarga muda terhadap silsilah keluarga serta mendoakan keluarga yang telah meninggal. Selain itu juga untuk mengingatkan kembali bagi yang masih hidup akan datangnya kematian.

"Kemudian juga untuk meningkatkan rasa syukur bahwa di tahun ini kita masih diberi kesempatan untuk bertemu Bulan Suci Ramadan, yang mana bulan ini penuh berkah dan selalu diharapkan umat Islam," pria dua anak ini.


Yunida warga lainnya mengatakan, ziarah ke makam keluarga menjelang Ramadan telah menjadi tradisi bagi keluarganya. Momen tersebut menjadi istimewa dibanding berziarah di hari biasa.

"Ziarah adalah salah satu tradisi kita, apalagi sebelum puasa kita harus ziarah dulu, kita kirim doa untuk keluarga yang sudah meninggal. Semoga Ramadan juga membawa kebaikan bagi keluarga dan mereka telah mendahului kita," kata ibu satu anak itu.

Di sisi lain, momen tradisi ziarah ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk menjajakan dagangan, terutama dengan menjual bunga untuk ditabur di makam.

Salah satu penjual tersebut adalah Nurul yang menjajakan bunga tabur seperti mawar, daun pandan, bunda kenanga dan lainnya dengan harga mulai Rp5.000 per plastik. 

"Jelang puasa, kami jualan bunga, lumayan juga untungnya. Sebelum Ramadan saja sudah membawa berkah, maka semoga Ramadhan nanti lebih berkah untuk semua," katanya.

ANTARA

Berita Terbaru