Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

AR Learning Center Adakan Pelatihan Penulis Profesional Bersertifikat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Maret 2023 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - AR Learning Center mengadakan pelatihan penulis profesional dengan gelar non akademik Certified Professional Writer atau C.PW, Rabu, 22 Maret 2023.

Pelatihan yang dilaksanakan secara virtual oleh lembaga di bawah naungan Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara Yogyakarta itu diikuti oleh peserta dari berbagai profesi seperti dosen, penulis buku, wartawan media online hingga pimpinan redaksi.

Pada awal kelas, Andre Hariyanto sebagai owner sekaligus master trainer AR Learning Center menyampaikan sebuah kalimat bijak dari Imam Al-Ghazali yang menjadi penyemangat bagi peserta pelatihan untuk menekuni dunia kepenulisan.

"Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah," ucapnya menirukan pesan Imam Al-Ghazali.

Selanjutnya Andre menyampaikan materi tentang apa tujuan menulis dan bagaimana cara menjadi penulis. Dia juga mengajak peserta pelatihan untuk meningkatkan perbendaharaan kata dalam menulis dengan rajin membaca.


Untuk memulai menulis Andre memberikan tips bagaimana menggali ide menulis dan membuat judul pada tulisan. Meski demikian dia tidak mengharuskan peserta pelatihan untuk membuat judul terlebih dulu dari sebuah tulisan, bahkan judul yang telah dibuat dapat direvisi kemudian sesuai dengan angle tulisan yang sudah jadi.

Berikutnya Andre menyampaikan bagaimana menghadirkan tokoh dalam sebuah tulisan, membuat kerangka tulisan, menentukan sudut pandang atau angle tulisan, deskripsi, diksi dan dialog.

Memulai sebuah tulisan tidaklah mudah terutama bagi mereka yang belum terbiasa menulis. Karena itu dia memberikan tips bagaimana memulai menulis.

"Cara pertama duduklah, cara kedua duduklah dengan tenang, cara ketiga menulislah," ujar Andre singkat.

Pada sesi pelatihan itu dia juga mengungkapkan hal tersulit yang dihadapi seorang penulis, itu sebabnya seorang penulis harus memiliki kemauan yang kuat dalam menulis, disiplin serta motivasi yang baik.

Terakhir Andre juga menerangkan bagaimana merevisi sebuah tulisan, mempublikasikan serta menerima kritik untuk penyempurnaan tulisan.

"Anda tidak harus menjadi penulis, tetapi anda harus mampu menulis, Apapun profesi anda hari ini dan nanti. Bukan tentang dimuat maupun tidak dimuat (tulisan anda), dikenal atau tidak dikenal, tapi tentang bagaimana anda merefleksikan hidup anda (melalui tulisan)," kata Andre saat menutup pelatihan.

Selain menerima materi pelatihan, para peserta juga diberikan tugas untuk menulis berita tentang pelatihan tersebut yang ditayangkan di media online, membuat video testimoni yang diunggah di media sosial masing-masing serta membuat tulisan fiksi atau non fiksi dengan tema dua pilihan tema yaitu menghadapi covid-19 dan bencana alam. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru