Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Kabupaten Lamandau Minta ASN dan PPPK Komitmen Jaga Netralitas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 Maret 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau Bedi Dahaban meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar selalu komitmen menjaga netralitas pada Pemilu dan Pilkada 2024.

Bedi mengingatkan kepada ASN agar berhati-hati saat melakukan foto bersama dengan bakal calon atau pasangan calon dan partai politik peserta Pemilu 2024. Sebab, jika mengikuti gerakan tangan tertentu yang bisa dikaitkan dengan peserta pemilu, maka akan dijatuhi sanksi.

“Saat foto-foto biasanya ada gerakan tangan tertentu yang berkaitan dengan nomor urut peserta Pemilu. Hal tersebut bisa dikaitkan dengan netralitas ASN,” ujar Bedi di Nanga Bulik, Kamis, 23 Maret 2023.

Dikatakan Bedi, persoalan netralitas ASN selalu terjadi dalam Pemilu dan Pilkada. Hal tersebut bisa disebabkan sejumlah faktor, atara lain, mentalitas birokrasi yang masih jauh dari semangat reformasi birokrasi.

Lalu ada kepentingan politik partisan ASN yang punya irisan kekerabatan atau kesukuan dengan calon. Selain itu bisa jadi ASN mengambil posisi keberpihakan karena peluang menduduki jabatan tertentu atau keuntungan lainnya.

“Serta penegakan hukum yang masih birokratis, terlalu banyak melibatkan pihak dan belum sepenuhnya memberi efek jera pada para pelaku pelanggaran atas netralitas ASN,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pelanggaran yang paling banyak dilakukan ASN biasanya terkait kampanye sosialisasi media sosial, mengadakan kegiatan atau deklarasi yang mengarah kepada keberpihakan kepada salah satu calon atau bakal calon.

“Dan melakukan pendekatan ke partai terkait pencalonan dirinya atau orang lain sebagai calon atau bakal calon kepala daerah,” jelasnya. (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru