Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD: Pokir Jadi Bentuk Tanggung Jawab Moral

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Maret 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Yustinus Gunihardi mewakili Sekretariat DPRD Palangka Raya menjelaskan bahwa bagi anggota DPRD, pokok-pokok pikiran atau Pokir menjadi bentuk tanggung jawab moral yang dimiliki sebagai wakil rakyat.

"Bagi anggota DPRD, maka pokir ini menjadi bentuk bentuk tanggung jawab moral atas usulan dan aspirasi konstituennya," kata Yustinus dalam rilisnya pada Kamis, 23 Maret 2023.

Hal ini menurut Yustinus merupakan salah satu hal yang disampaikannya saat mewakili pimpinan DPRD Kota Palangka Raya menyambut rombongan Anggota legislatif dari DPRD Kabupaten Barito Selatan atau Barsel yang datang bertandang ke DPRD Kota Palangka Raya Selasa lalu.

"Karena pimpinan sedang RDP maka kitalah yang menyambut kedatangan rombongan yang bertujuan untuk melakukan kaji banding terkait tahapan-tahapan serta penyusunan pokok-pokok pikiran atau pokir DPRD tersebut," tuturnya lagi.

Yustinus menambahkan, pokir DPRD diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang juga menuangkan mengenai program pembangunan daerah diperoleh pula dari DPRD.

"Pokir ini berdasarkan risalah rapat dengar pendapat hasil penyerapan aspirasi melalui reses di masing-masing daerah pemilihan atau dapil anggota DPRD," jelasnya.

Sementara itu, Ketua rombongan kunker DPRD Barsel, Ensilawatika mengatakan bahwa kunker ke DPRD Palangka Raya dilakukan guna melakukan kaji banding terkait tahapan maupun penyusunan pokir.

"Bicara soal pokir, maka saat ini merupakan salah satu fokus setiap anggota DPRD dalam menjalaninya," kata Ensilawatika dalam rilis yang sama.

Lebih lanjut Ketua Komisi II DPRD Barsel ini menyampaikan bahwa melalui kunker tersebut setidaknya menjadi bahan masukan mengenai bagaimana tahapan maupun penyusunan pokir.

"Dari informasi yang kami gali di DPRD Palangka Raya pada umumnya ada kesamaan soal pokir ini. Namun begitu, tetap ada informasi yang bisa kami adopsi, serta menjadi wawasan dan inspirasi untuk kami lakukan," ujar srikandi DPRD Barsel dari Fraksi PDI Perjuangan ini. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru