Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Dukung Pengembangan Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Maret 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS mendukung pengembangan teknologi pengolahan kelapa sawit, terutama update teknologi dan talent Pabrik Kelapa Sawit lewat T-POM atau Technology & Talent Palm Oil Conference and Exhibition yang diselenggarakan Perkumpulan Praktisi Profesional Perkebunan Indonesia atau P3PI dan Media Perkebunan.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika ketika membuka T-POM menyatakan pemerintah sangat mendukung upaya pengembangan teknologi dan pengembangan SDM.

"Karena itu T-POM merupakan acara yang sangat penting dan strategis bagi Kemenperin," kata Putu dalam rilis yang dikirim BPDPKS pada Kamis, 23 Maret 2023.

Menurut Putu, Indonesia dengan minyak kelapa sawit saat ini sudah memproduksi dan mencukupi sebagian besar kebutuhan global lemak dan minyak nabati dunia.

"Produksi CPO dan PKO 51,2 juta ton tahun 2022, ekspor bahan baku kecil sekali hanya 7,52 persen sedang sisanya 92,5 persen sudah merupakan produk olahan. Apresiasi setinggi-tingginya pada pelaku usaha sawit,” kata Putu.

Dengan nilai ekspor Rp500 triliun dan perdagangan dalam negeri Rp250 trilun, lanjutnya, ini merupakan bisnis sangat besar bagi perekonomian negara.

"Teknologi PKS sudah 100 tahun tidak berubah dan terima apa adanya dengan titik berat hanya memproduksi lemak. Sekarang kondisi sudah berubah, bukan hanya untuk pangan saja tetapi untuk bahan bakar masa depan, baik untuk green biodiesel, green avtur, green gasoline yang bisa langsung digunakan menggantikan bahan bakar fosil," bebernya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru