Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Ketahanan Pangan Kalteng Ajak Petani Manfaatkan Pekarangan untuk Budidaya Cabai

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Maret 2023 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Riza Rahmadi mengajak petani memanfaatkan lahan pekarangan untuk budidaya cabai.

"Petani bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam aneka cabai karena cabai merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang sangat penting," ucap Riza saat berkunjung ke Kelompok Tani Ampari Jaya di Desa Ampari Kabupaten Barito Timur, Kamis, 23 Maret 2023.

Cabai termasuk dalam 10 komoditas pangan strategis yang terus dipantau ketersediaannya dan menjadi salah satu penyumbang inflasi di Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu.

"Jadi kita mengharapkan inovasi dari rumah tangga-rumah tangga petani untuk menanam cabai untuk mengantisipasi fluktuasi harganya yang tinggi," imbuhnya.

Riza mengungkapkan, kebutuhan cabai di Kalimantan Tengah cukup tinggi dan sebagian besar masih dipasok dari Provinsi Kalimantan Selatan. Dia mencontohkan untuk Pasar Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur saja dalam seminggu membutuhkan 10 ton cabai.

"Dengan budidaya aneka cabai di lahan pekarangan, paling tidak di lingkungan desa tersebut kebutuhan cabai bisa terpenuhi," terangnya. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru