Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kekebalan Komunal jadi Faktor Menurunnya Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 Maret 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemologi Indonesia (PAEI) Kalimantan Tengah (Kalteng), Rini Fortina menilai keberhasilan penurungan angka Covid-19 tidak lepas dari kekebalan komunal atau herd immunity masyarakat.

“Sesuai dengan teori kekebalan kelompok atau teori imunitas, jika populasi sudah divaksin lebih dari 70 persen maka kekebalan kelompok itu terjadi,” tuturnya.

Ia mengatakan dengan kekebalan kelompok bukan berarti penyakitnya betul-betul hilang, namun lebih kearah bisa dikendalikan.

“Karena kita tahu, di Kalteng tetap terjadi penularan meskipun kecil, bahkan kematian akibat Covid-19 pun masih terjadi,” katanya.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Kamis 23 Maret 2023 konfirmasi baru mengalami penambahan sebanyak 1 orang dari Kotawaringin Timur (Kotim).

Secara keseluruhan dari 60453 orang kasus konfirmasi yang dilaporkan, 58693 orang sudah dinyatakan sembuh,  1742 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 10 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru