Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Latar Belakang Diajukannya Tiga Raperda Inisiatif DPRD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Maret 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya, Vina Panduwinata menjelaskan latar belakang dari tiga rancangan peraturan daerah atau raperda inisiatif DPRD yang diajukan.

"Ketiga raperda inisiatif DPRD Palangka Raya itu terdiri dari raperda tentang penyelenggaraan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM," kata Vina pada Kamis, 23 Maret 2023.

Latar belakang usulan raperda ini, lanjut Vina, diajukan setelah melihat perkembangan UMKM di Kota Palangka Raya yang sangat pesat.

"Namun demikian, pemerintah perlu memberikan kemudahan, insentif, pembinaan, perlindungan hingga pendampingan dan juga bantuan hukum kepada koperasi dan UMKM," tutur Politisi PDI Perjuangan Kota Palangka Raya ini lagi.

Berikutnya lanjut Vina, yakni raperda tentang pengawasan dan pembinaan pergudangan. Latar belakangi usulan raperda ini yaitu, melihat terus bertambahnya keberadaan gudang di Kota Palangka Raya, sehingga diperlukan  pengawasan dan pembinaan.

"Keberadaan gudang harus dapat memberikan kepastian data logistik kebutuhan pokok, serta memastikan kelancaran kegiatan perdagangan," terang Vina lagi.

Selanjutnya, kata Vina, yakni terkait raperda tentang kelurahan wisata dan kampung wisata, dimana wilayah Palangka Raya yang luas, tentu memiliki potensi keunikan daya tarik wisata yang khas, yang didukung komunitas masyarakat yang mampu menciptakan perpaduan berbagai daya tarik wisata.

"Dengan adanya kelurahan wisata dan kampung wisata, diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan kelurahan dan meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, menjaga kearifan lokal, melestarikan nilai budaya dan melestarikan flora maupun fauna, serta dapat menjadi obyek penelitian ilmiah," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru